Jumat, 23-02-2024
  • Selamat Datang di Website Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ihsan Errabu Bluto Sumenep

Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis komputer

Diterbitkan : - Kategori : akm / anbk / asesmen nasional

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah merilis program baru pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak 2019. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang termasuk dari Merdeka Belajar ini akan digelar mulai akhir September 2021. Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 sebentar lagi akan di laksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara daring atau semi daring.

Sebelumnya telah dilakukan simulasi dan gladi bersih di sejumlah sekolah sebagai salah satu tahapan persiapan, termasuk memastikan ketersediaan dan kelengkapan fasilitas. Selain itu, menggelar koordinasi dengan seluruh lembaga pendidikan kesetaraan.

Simulasi digelar pada 30 Agustus-2 September 2021, sedangkan gladi bersih diadakan pada 3 September-4 November 2021. ANBK melibatkan peserta didik, pendidik, dan kepala satuan pendidikan.

Pendidik dan kepala satuan pendidikan diwajibkan melakukan survei lingkungan belajar, pelaksanaan, mengisi secara mandiri sesuai jadwal pelaksanaan AN peserta didiknya selama 4 hari. Hal ini agar proses pelaksanaan berjalan lancar. Selain itu, mendorong peserta didik supaya memperoleh hasil maksimum.

Untuk mendapatkan skor tinggi, peserta didik perlu memahami dua kompetensi mendasar yang diukur sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berupa literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Termasuk keterampilan berpikir logis-sistematis, bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan. Jadi, peserta didik masih memiliki kesempatan belajar.

Untuk pelaksanaannya, berikut jadwal ANBK yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia:

  1. Kategori peserta didik SMK, MAK, Paket C, dan sederajat: 20-23 September 2021
  2. Kategori peserta didik SMA, MA, dan sederajat: 27-30 September 2021
  3. Kategori peserta didik SMP, MTs, Paket B, dan sederajat: 4-7 Oktober 2021
  4. Kategori peserta didik SD, MI, Paket A, dan sederajat Gelombang I: 8-11 November 2021
  5. Kategori peserta didik SD, MI, Paket A, dan sederajat Gelombang II: 15-18 November 2021

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan